Sunday, April 10, 2016

Apakah Penyakit Thalassemia Itu?

Thalassemia atau penyakit thalasima atau talasemia yang diturunkan kelainan darah. "Warisan" berarti bahwa gangguan tersebut diturunkan dari orangtua kepada anak-anak melalui gen. Thalassemia menyebabkan tubuh untuk membuat sel darah lebih sedikit sehat merah dan kurang hemoglobin dari normal. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah. Ini membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hemoglobin juga membawa karbon dioksida (gas buang) dari tubuh ke paru-paru, di mana itu dihembuskan.

Orang yang memiliki thalassemia dapat mengalami anemia ringan atau berat. Anemia disebabkan oleh lebih rendah dari normal jumlah sel darah merah atau tidak cukup hemoglobin dalam sel darah merah.

Ikhtisar Dan Seputar Penyakit Thalassemia


Hemoglobin normal, juga disebut hemoglobin A, memiliki empat rantai-dua protein alpha globin dan dua beta globin. Dua jenis utama dari thalassemia, alpha dan beta, yang dinamai cacat dalam rantai protein ini.

Empat gen (dua dari setiap orangtua) yang diperlukan untuk membuat cukup alpha rantai protein globin. Alpha thalassemia trait terjadi jika salah satu atau dua dari empat gen yang hilang. Jika lebih dari dua gen yang hilang, anemia sedang hingga berat terjadi.

Bentuk yang paling parah dari alpha thalassemia disebut fetalis alpha thalassemia mayor atau hydrops. Bayi yang memiliki kelainan ini biasanya meninggal sebelum atau segera setelah lahir.

Dua gen (satu dari setiap orangtua) yang diperlukan untuk membuat cukup beta rantai protein globin. thalassemia beta terjadi jika salah satu atau kedua gen yang diubah.

Tingkat keparahan beta thalassemia tergantung pada seberapa banyak satu atau kedua gen yang terpengaruh. Jika kedua gen yang terpengaruh, hasilnya adalah anemia sedang hingga berat. Bentuk parah dari beta thalassemia dikenal sebagai thalassemia mayor atau anemia Cooley.

Thalassemia mempengaruhi pria dan wanita. Gangguan terjadi paling sering antara orang-orang dari Italia, Yunani, Timur Tengah, Asia Selatan, dan keturunan Afrika. bentuk parah biasanya didiagnosis pada anak usia dini dan kondisi seumur hidup.

Dokter mendiagnosa thalassemia menggunakan tes darah. Gangguan diperlakukan dengan transfusi darah, obat-obatan, dan prosedur lainnya.

Pandangan


Pengobatan untuk thalassemia telah meningkat selama bertahun-tahun. Orang yang memiliki thalassemia sedang atau berat sekarang hidup lebih lama dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Namun, komplikasi dari thalassemia dan perawatan mereka sering. Orang yang memiliki thalassemia sedang atau berat harus selalu mengikuti rencana pengobatan mereka. Mereka perlu mengurus diri sendiri untuk tetap sesehat mungkin.

Artikel ini disunting dari : http://ruangsehat.net/gejala-penyakit-thalasemia-penyebab-dan-perawatannya/

No comments:

Post a Comment